Rapat pemantapan Tim IPE dan IPC UNISM

UNISM– Rapat Kerja Tim IPE dan IPC Universitas Sari Mulia, dimana dalam rapat kerja ini, Wakil Rektor I- Ibu Anggrita Sari, M.Pd, M.Kes dan Wakil Rektor III
Bapak Dr. Ir. Agustinus Hermino Superma Putra.,M.Pd UNISM langsung memberikan arahan kepada TIM IPE dan IPC UNISM yang akan berangkat magang di Universitas Gajah Mada Yogyakarta dari tanggal 24 Februari 2019 sampai dengan 7 Maret 2019.

Interprofessional Education (IPE) and Interprofessional Collaboration (IPC)

WHO telah membuat sebuah grand design tentang pembetukan karakter kolaborasi dalam sebuah bentuk pendidikan formal yaitu berupa interprofessional education. Interprofessional education (IPE) adalah suatu pelaksanaan pembelajaran yang diikuti oleh dua atau lebih profesi yang berbeda untuk meningkatkan kolaborasi dan kualitas pelayanan dan pelaksanaanya dapat dilakukan dalam semua pembelajaran, baik itu tahap sarjana maupun tahap pendidikan klinik untuk menciptakan tenaga kesehatan yang professional.

Beberapa ahli mengungkapkan IPE dapat menjadi dasar dalam pembentukan kolaborasi. Seperti halnya pendapat Mendez et. al.,(2008) IPE merupakan hal yang potensial sebagai media kolaborasi antar profesional kesehatan dengan menanamkan pengetahuan dan skill dasar antar profesional dalam masa pendidikan. IPE merupakan hal yang penting dalam membantu pengembangan konsep kerja sama antar profesional yang ada dengan mempromosikan sikap dan perilaku yang positif antar profesi yang terlibat di dalamnya.

2 Komentar

  • Semoga UNISM semakin berkarakter, dan mampu membuat terobosan pembelajaran yang berkualitas…

    Y. Widada Reply
  • Integrated Community Development (ICD) is our branding in this IPE IPC. This concept focus in 3 main domains: 1) knowing; 2) sustainability; and 3) impact. These 3 domains will be designed in clearly road map with measurable indicators. All indicators will contribute as an alternative dynamic solution in acadenic perspective and in practical perspective. This ICD IPE IPC also will be implemented in the Project/Case-Based Learning.
    Please come to our university if you want to learn about ICD IPE IPC.

    Dr. Ir. Agustinus Hermino, M.Pd Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *