Bentuk lambang Universitas Sari Mulia terdiri dari 4 (empat) bagian lingkaran. Pada masing-masing bagian lingkaran terdapat unsur-unsur yang memiliki makna tersendiri, tetapi merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan saling melengkapi satu dengan lainnya,
Bagian lingkaran yang dimaksud terdiri atas:

1.Lingkaran hijau berisikan frase singkatan UNISM dan palang warna putih, yang memiliki arti:

a.Palang warna putih
Civitas akademika UNISM dalam mengemban, menyelenggarakan dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi didasari atas niat yang suci dan keikhlasan.
b.Frase UNISM
Frase UNISM dimaksudkan bahwa civitas akademika berikrar dan menyatakan satu sikap perikehidupan yang terikat oleh etika dan profesi dalam wadah kesatuan UNISM.
c.Lingkaran Hijau
Civitas akademika UNISM dalam pengabdiannya senantiasa menampilkan keseimbangan emosional, rasa tenang, rasa kasih sayang dan pengasuhan bagi semua serta mendorong kemurahan, kebaikan dan empati.

2.Lingkaran warna kuning yang berisi lingkaran elips warna biru dan hijau yang berada pada garis edar berbeda, arti masing-masing sebagai berikut:
a.Lingkaran warna kuning.
UNISM dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi mencerminkan suasana lingkungan yang kenyamanan, keceriaan, dan kebahagiaan.
b.Lingkaran elips berwarna silang hijau dan biru melintas sesuai garis edar.
UNISM sebagai universitas didasarkan pada ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang relevan, sistematis, konsisten dan kebenarannya telah teruji secara empiris.

3.Lingkaran warna hijau yang berisi gerigi berwarna biru, padi dan kapas dan buku dalam posisi terbuka, arti dan makna masing-masing sebagai berikut:

a.Lingkaran warna biru
UNISM sebagai penyelenggara pendidikan senantiasa menjaga kestabilan, meningkatkan kecerdasan dan kepercayaan diri seluruh civitas akademika.
b.Roda bergerigi 12 (dua belas)
Roda bermakna sebagai roda manajemen operasional UNISM yang selalu bergerak, sedangkan gerigi berjumlah 12 (dua belas) sebagai makna bahwa sistem kalender purba hingga modern hampir sebagian menetapkan jumlah bulan dalam setahun ada 12 bila digabungkan dengan roda, maka dapat diartikan bahwa manajemen operasional dikendalikan sepanjang tahun diselenggarakan secara dinamis, sistemik sehingga mampu mentransmisikan serta mengakselerasikan potensi sumber daya, secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk kemajuan bangsa dan Negara.
c.Padi warna kuning dan kapas warna putih
Padi dan kapas melambangkan sila kelima Pancasila yaitu “Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”, padi dan kapas digunakan karena merupakan kebutuhan dasar setiap manusia bangsa Indonesia, ketersediaan pangan dan sandang indikator utama kemakmuran. Jika digabungkan antara padi dan kapas merupakan suatu simbol cita-cita bahwa UNISM bercita-cita menjadi bagian penting dalam pembangunan Sumber Daya Manusia dalam menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berprestasi untuk menuju kehidupan masyarakat menjadi adil, makmur dan sejahtera secara merata.
d.Buku ilmiah dalam keadaan terbuka bergaris tiga
Buku ilmiah adalah lembar kertas berjilid berisikan uraian bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, sedangkan garis 3 bermakna Tri Dharma Perguruan Tinggi, penggabungan keduanya dimaksudkan dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi didasarkan pada ilmu pengetahuan atau kepandaian, dan makin banyak ilmu pengetahuan yang didapat semakin rendah hati.

4.Lingkaran warna putih yang berisikan UNISM, bintang yang memiliki ujung 7 (tujuh) lancip a.Lingkaran putih
Civitas akademika selalu menjunjung tinggi kebebasan intelektual, tetapi tetap dalam bingkai nasionalisme dan kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b.Bintang berujung tujuh
Bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya, bintang yang nyata dan menghasilkan cahaya sendiri, bersinar sepanjang masa, sedangkan ujung bintang berjumlah tujuh dimana angka tujuh merupakan angka netral diantara sifat asam dan basa, Civitas Akademika UNISM sebagai Perguruan Tinggi dalam penyelenggaraanya bersikap netral, bebas dari berbagai kepentingan Politik, Suku, Agama dan Ras dan selalu memancarkan cahaya ilmu sepanjang masa.
Makna logo secara keseluruhan dapat diartikan bahwa Yayasan Indah Banjarmasin sebagai badan penyelenggara yang menaungi UNISM memiliki niat yang suci untuk mendedikasikan diri bagi pembangunan sumber daya manusia di bidang pendidikan, manajemen operasional pendidikan yang penyelenggarannya mengacu pada manajemen pada standar operasional Pendidikan Tinggi dan didasarkan pada tata kelola Good Governance. Civitas akademika dalam penyelanggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat menghasilkan lulusan bidang sains dan teknologi, dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.