Penutupan Program Magang IPE dan IPC UNISM – UGM

Penutupan Program Magang IPE dan IPC UNISM – UGM

UNISM– Setelah melaksanakan program magang IPE dan IPC  di FKKMK UGM selama 9 hari, tim yang terdiri dari perwakilan Dosen dari tiga Fakultas yaitu Fakultas Kesehatan, Fakultas Saintek dan Fakultas Humaniora telah merampungkan tugas dan kegiatan yang sudah diagendakan. Tentunya program magang IPE dan IPC  ini akan menjadi ilmu yang akan diimplementasikan pada semua fakultas yang ada di UNISM.  Pada hari terakhir magang ini juga sekaligus penutupan kegiatan ini diadakan gedung pasca sarja UGM yang di hadiri langsung oleh Ketua Yayasan Indah Banjarmasin Ibu Dr. Rr. Hj. Dwi Sogi Sri Redjeki S.KG., M.Pd Beserta Suami. Kegiatan magang ini sendiri dimulai dari tanggal 25 Februari 2019 sampai dengan 6  Maret 2019

Interprofessional Education (IPE) and Interprofessional Collaboration (IPC)

WHO telah membuat sebuah grand design tentang pembetukan karakter kolaborasi dalam sebuah bentuk pendidikan formal yaitu berupa interprofessional education. Interprofessional education (IPE) adalah suatu pelaksanaan pembelajaran yang diikuti oleh dua atau lebih profesi yang berbeda untuk meningkatkan kolaborasi dan kualitas pelayanan dan pelaksanaanya dapat dilakukan dalam semua pembelajaran, baik itu tahap sarjana maupun tahap pendidikan klinik untuk menciptakan tenaga kesehatan yang professional.

Beberapa ahli mengungkapkan IPE dapat menjadi dasar dalam pembentukan kolaborasi. Seperti halnya pendapat Mendez et. al.,(2008) IPE merupakan hal yang potensial sebagai media kolaborasi antar profesional kesehatan dengan menanamkan pengetahuan dan skill dasar antar profesional dalam masa pendidikan. IPE merupakan hal yang penting dalam membantu pengembangan konsep kerja sama antar profesional yang ada dengan mempromosikan sikap dan perilaku yang positif antar profesi yang terlibat di dalamnya.