Kolaborasi Universitas Sari Mulia Peduli Stunting dengan BKKBN Kalimantan Selatan

Kolaborasi Universitas Sari Mulia Peduli Stunting dengan BKKBN Kalimantan Selatan

[Banjarmasin, 13 Oktober 2023] – Stunting adalah masalah serius dibanyak negara, terutama di negara berkembang, hal ini menjadi perhatian bagi pemerintah sehingga berbagai program dijalankan untuk menurunkan data stunting yang tergolong masih fluktuatif dibeberapa tahun terakhir. Data yang tidak merata ini dan terbilang cukup tinggi menjadi ‘pekerjaan rumah’ yang secara signifikan terus-menerus dilaksanakan dalam berbagai metode.

Salah satu metode yang diterapkan pemerintah, khususnya BKKBN Kalimantan Selatan adalah berkolaborasi dengan mahasiswa, dengan meningkatkan kesadaran tentang stunting maka terbentuklah ‘Mahasiswa Penting’ – Mahasiswa Peduli Stunting. Pada kesempatan ini, Universitas Sari Mulia terpilih menjadi mitra untuk menjalankan program tersebut, sehingga pada hari Jumat, 29 September 2023 Kepala BKKBN Kalimantan Selatan, bapak Ir. H. Ramlan, MA berkunjung langsung ke Universitas Sari Mulia, sekaligus memberikan pembekalan kepada puluhan mahasiswa. Beliau mengharapkan pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa beserta Tim Pendamping Keluarga kepada keluarga-keluarga berisiko stunting di wilayah pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dapat prevelensi stunting.

Pada kegiatan tersebut, selain dihadiri langsung oleh Kepala BKKBN beserta tim, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin, mahasiswa, dan dosen-dosen pendamping lapangan, hadir juga Rektor Universitas Sari Mulia beserta jajarannya untuk memberikan dukungan terhadap program kolaborasi. Beliau menyampaikan bahwa, selain progam ini mengaktualisasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, program ini juga menjadi bentuk dukungan dan peran instansi pendidikan sebagai perpanjangan tangan kepada masyarakat.