UPT Perpustakaan Universitas Sari Mulia Meraih Predikat Akreditasi B di Tahun 2020

UPT Perpustakaan Universitas Sari Mulia Meraih Predikat Akreditasi B di Tahun 2020

Universitas Sari Mulia yang berada di Kota Banjarmasin sebagai salah satu universitas swasta dibawah naungan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, saat ini sedang berupaya meningkatkan dan mengembangkan sumber daya di berbagai aspek pelayanan. Penguatan kelembagaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UNISM memiliki nilai sangat strategis dalam mendukung ketercapaian pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya literasi kepustakaan bagi Mahasiswa dan Dosen. Pada tahun kedua usia UNISM sejak penggabungan Akbid Sari Mulia dan Stikes Sari Mulia, penganugerahan Akreditasi B bagi UPT Perpustakaan UNISM dari Perpustakaan Nasional merupakan langkah pencapaian konkrit upaya Rektorat dalam pencapaian mutu dan kualitas pelayanan perpustakaan serta kesesuaian penyelenggaraan perpustakaan dengan standar yang ditetapkan oleh LAP-N Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Rekognisi dari lembaga Nasional dalam hal penyelenggaraan perpustakaan, membuktikan bahwa UPT Perpustakaan UNISM dalam pengembangannya sejalan dan searah dengan pengembangan Perpustakaan Nasional sekaligus selaras dengan misi UPT Perpustakaan UNISM yang menjadi pusat sumber informasi berbasis teknologi informasi dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada kesempatan terpisah, Bapak dr. H. R. Soedarto WW, Sp.OG selaku Rektor UNISM mengucapkan terimakasih kepada Bapak Prof. Dr. Ir. H. Udiansyah, MS selaku Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan dan Bapak Dr. Drs. Muhammad Akbar, M.Si selaku Sekretaris LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan serta pihak-pihak lain yang selalu memberikan dukungan dan arahan sehingga UNISM mendapatkan prestasi nasional sebagai upaya mendukung literasi di era 4.0.

UPT Perpustakaan UNISM saat ini sudah memiliki koleksi buku teks, ebook, repository, jurnal ilmiah terakreditasi, jurnal elektronik, prosiding, koran dan koleksi audio visual pustaka sangat relevan untuk mendukung 3 (tiga) Fakultas yaitu Fakultas Kesehatan (Jurusan Kebidanan, Keperawatan dan Farmasi), Fakultas Saintek (Jurusan Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Teknik Industri) dan Fakultas Humaniora (Jurusan Bahasa Inggris, Hukum, Akuntansi dan Manajemen).

Proses Akreditasi Perpustakaan dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 Nopember 2019. Pihak Perpustakaan Nasional RI menugaskan 2 (dua) orang asesor yaitu Bapak Drs. Sudirwan Hamid, MH dan Bapak Agung Sujatmiko, SH., M.Si. Aspek penilaian meliputi koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan, penyelenggaraan, pengelolaan dan tenaga perpustakaan.

Pada tanggal 2 Maret 2020 Rektor UNISM yang diwakili oleh Kepala UPT Perpustakaan UNISM Ibu Siti Rohani, S.I.Pust bertempat di Hotel Rattan Inn Banjarmasin telah menerima Sertifikat Akreditasi Perpustakaan dengan Nomor: 00131/LAP.PT/XII.2019, sesuai Standar Nasional Perpustakaan dengan nilai predikat Akreditasi B. Sertifikat Akreditasi Perpustakaan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kalimantan Selatan yaitu Ibu Dra. Hj. Nurliani Dardie bersama Bapak Muhammad Syarif Bando selaku Kepala Perpustakaan Nasional RI.

Foto Bersama- Kepala Perpusnas, Kepala Dispersip dan Perwakilan Penerima Sertifikat Akreditasi Perpustakaan

Foto Bersama- Tim Asesor, Tim Dispersip, Tim Rektorat UNISM dan Tim Perpustakaan UNISM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *