Kongres BPBN ILMIKI III dan Lomba BHD Nasional Tahun 2020

Kongres BPBN ILMIKI III dan Lomba BHD Nasional Tahun 2020

Universitas Sari Mulia – Jumat, 28 Februari 2020, Kongres Badan Penanggulangan Bencana Nasional Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (BPBN ILMIKI) III memiliki tema kegiatan yaitu “mewujudkan mahasiswa keperawatan profesional yang sigap dan tanggap bencana di Indonesia”. Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan antara lain untuk mengevaluasi program kerja dan kinerja kepengurusan BPBN ILMIKI selama satu periode kepengurusan yang lalu, mengetahui gambaran program kegiatan, merumuskan strategi perencanaan dalam kepengurusan dan menjalin silaturahmi antar mahasiswa S1 Keperawatan sebagai wahana untuk membangun kepekaan masalah kegawatdaruratan dan bencana di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan dibuka oleh Bapak M. Basit, Basid, S.Kep., Ns., MM selaku Ketua Jurusan Keperawatan UNISM. Korwil BPBN ILMIKI yaitu Kadek Dian Purwarta juga memberikan kata sambutan dalam kegiatan ini.  Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2020 di Universitas Sari Mulia. Rangkaian acara yang diselenggarakan dalam Kongres adalah seminar nasional, lomba nasional Bantuan Hidup Dasar (BHD), kongres, dan City Tour (Pulau Kambang, Pasar Terapung dan Pusat Oleh-oleh Andalas).

Peserta Kongres ini berasal dari mahasiswa S1 Keperawatan di seluruh Indonesia yang berjumlah 24 orang. Institusi yang mengirimkan delegasi sebagai peserta untuk mengikuti kegiatan, yaitu:

  1. Universitas Hassanuddin
  2. Universitas Kusuma Husada
  3. Universitas Ahmad Yani
  4. Universitas Lambung Mangkurat
  5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  6. Universitas Brawijaya Malang
  7. Universitas Sari Mulia
  8. Stikes Cahaya Bangsa

Kegiatan Lomba BHD dilaksanakan dalam rangka untuk menambah wawasan, kemampuan, dan pengalaman peserta dalam memberikan bantuan hidup dasar kepada pasien kelak di lapangan serta menjadi ajang mahasiswa keperawatan di seluruh Indonesia untuk bersaing secara sportif dalam menampilkan kemampuannya di bidang kegawat daruratan yang salah satunya adalah pemberian BHD.

Institusi yang berhasil memenangkan Lomba BHD Nasional adalah juara 1 diraih oleh tim Universitas Sari Mulia, juara 2 diraih oleh tim Stikes Wiyata Husada Samarinda dan juara 3 didapatkan oleh tim  Akper Kesdam VI/Tanjungpura Banjarmasin.

Penulis : M.Basit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *