Realisasi Kerjasama Japan Foundation Dengan Universitas Sari Mulia

Realisasi Kerjasama Japan Foundation Dengan Universitas Sari Mulia

Banjarmasin, 20 Januari 2022 – Penyerahan Cinderamata dari Fasilitas penerima kerja Tenjinkai, Okayama Jepang kepada Universitas Sari Mulia sebagai bentuk kenang-kenangan dalam menjalin hubungan baik antara Fasilitas penerima kerja dan Institusi Pendidikan. Cindermata ini diterima oleh perwakilan Universitas Sari Mulia Bapak Hairi atau yang lebih sering dipanggil Hairi Sensei ketika beliau menjadi salah satu dari delapan perwakilan Indonesia yang berkesempatan mengikuti pelatihan dari The Japan Foundation selama 1 bulan pada tanggal 15 November 2021 – 15 Desember 2021.                   

The Japan Foundation adalah badan hukum khusus yang bertugas mengenalkan bahasa dan budaya Jepang ke dunia Internasional, dengan 3 kegiatan yaitu; pertukaran kebudayaan, pengembangan pendidikan Bahasa Jepang, serta Pertukaran Studi Jepang. Selaras dengan minat mahasiswa Universitas Sari Mulia yang ingin belajar Bahasa Jepang dan ingin bekerja ke Jepang, maka Universitas Sari Mulia mendapatkan kesempatan untuk mendaftarkan diri sebegai lembaga penerima bantuan buku pembelajaran bahasa Jepang untuk pengadaan kelas bahasa Jepang yang dikirimkan langsung dari Jepang untuk pekerja berketerampilan khusus yang nantinya akan bekerja di Jepang.

Setelah menerima buku, pengajar bahasa Jepang di Universitas Sari Mulia – Hairi Sensei menerima pengarahan dan bimbingan untuk membuat kurikulum pembelajaran serta cara penggunaan buku yang telah diberikan. Pelatihan ini dilaksanakan secara online. Program lanjutan untuk Pemerintah Jepang dalam bidang penyaluran tenaga kerja ke Negara Jepang, The Japan Foundation mengadakan pelatihan langsung untuk pengajar bahasa Jepang di Japan Foundation Urawa, Saitama Jepang selama 1 bulan.

Tidak hanya berkesempatan mengikuti pelatihan langsung di Jepang, Hairi Sensei juga dipercayakan untuk menjadi perwakilan dari peserta pelatihan untuk memberikan sambutan di acara penutupan, serta menerima sertifikat pelatihan Pengajar Bahasa Jepang. Kegiatan lain yang dilakukan Hairi Sensei saat di Jepang adalah mengunjungi alumni perawat Universitas Sari Mulia. Saat ini ada 3 Alumni Keperawatan Universitas Sari Mulia yang diterima di Tenjinkai-Okayama, yakni Robby, Andri dan Siti Hotijah. Robby saat ini telah berada di tempat kerja, sementara Andri dan Siti Hotijah masih mengikuti program pelatihan bahasa Jepang. Tenjikai merupakan fasilitas penyedia layanan keperawatan lansia di Kasaoka Okayama Jepang – tempat Hairi Sensei pernah bekerja sebagai perawat lansia selama 4 tahun. Dengan kerjasama yang telah dilaksanakan Universitas Sari Mulia, Tenjikai, dan The Japan Foundation, besar harapan Universitas Sari Mulia untuk terus ikut serta dalam mendukung program Pemerintahan Jepang dalam penyaluran tenaga kerja ke Negara Jepang.