UNISM Peduli Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Tanggap Situasi Nasional

UNISM Peduli Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Tanggap Situasi Nasional

Universitas Sari Mulia (UNISM) merupakan perguruan tinggi swasta yang tidak pernah berhenti untuk melakukan inovasi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Oleh sebab itu, UNISM mengadakan kegiatan dengan tema “UNISM Peduli Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Tanggap Situasi Nasional”.

Kegiatan dilaksanakan sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ditetapkan. Pelaksanaan kegiatan pada Selasa, 24 Maret 2020 di Aula Lantai 1 Gedung A UNISM.

Foto – Pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19

Tujuan kegiatan merupakan bentuk kepedulian UNISM terhadap situasi kesehatan Nasional khususnya Kota Banjarmasin serta peduli lingkungan dan edukasi pembuatan larutan desinfektan yang tepat, aman dan bermanfaat untuk rumah tangga, instansi dan pelayanan kesehatan yang sangat memerlukan. Kepedulian ini merupakan integrasi kegiatan Inter Profesional Education (IPE) yang di kolaborasikan dalam community services oleh UNISM.

Kegiatan ini juga sekaligus untuk memberikan larutan desinfektan kepada intansi yang berhadir yaitu LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Rumah Sakit Sari Mulia, Puskesmas Terminal dan Bank BRI Cabang Banjarmasin A.Yani.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Anggrita Sari, S.Si.T., M.Pd., M.Kes selaku Wakil Rektor I yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian UNISM terhadap situasi Nasional saat ini, terutama untuk Kota Banjarmasin. Hal ini dilakukan sebagai tindakan responsif dari Civitas akademika karena cukup banyak instansi dan rumah tangga yang menanyakan tentang ketepatan larutan desinfektan yang layak digunakan sebagai tindakan profilaksis Covid-19. Hal ini menjadi alasan kuat bagi tim UNISM terutama Jurusan Farmasi yang di pimpin oleh Bapak Noval, M.Farm., Apt agar berinisiatif untuk pembuatan larutan desinfektan.

Foto – Ibu Anggrita Sari, Selaku WR I sedang memberikan sambutan

 

Pihak LLDIKTI Wilayah XI yang diwakili oleh Bapak Dr. Drs. Muhammad Akbar, M.Si selaku sekretaris LLDIKTI Wilayah XI juga turut memberikan sambutan yang menyampaikan apresiasi terhadap dua inovasi yang dibuat oleh UNISM yaitu hand sanitizier dan larutan desinfektan. Harapannya ini bisa membantu pemerintah dalam mengurangi lajunya penyebaran Covid-19 dan semoga instansi lain dapat termotivasi untuk melakukan atau memberikan tindakan nyata dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Foto – Bapak Dr. Drs. Muhammad Akbar, M.Si selaku sekretaris LLDIKTI Wilayah XI

 

Salah satu agenda kegiatan lainnya yaitu pemaparan edukasi oleh Bapak Noval, M.Farm., Apt selaku Ketua Jurusan Farmasin UNISM yang memberikan informasi mengenai komposisi dari larutan desinfektan (Pine Oil 2,5%, Natrium Hipoclorin 5,2%, Sodium Lauryl Ether Sulfate 2,5%), langkah pembuatan larutan dan teknik penyemprotan desinfektan yang telah diencerkan.

Edukasi dari UNISM sangat penting bagi masyarakat supaya bisa memahami dan menyadari kondisi Nasional saat ini dan lebih waspada mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Menghadapi situasi ini kita harus bersama peduli, waspada dan disiplin terhadap protokoler dan kesadaran harus mulai dari diri sendiri dan selalu menjaga dan meningkatkan imunitas diri dengan mengkonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, sering mencuci tangan, dan menggunakan masker. Walaupun adanya penerapan social distancing, kita harus tetap responsif terhadap situasi lingkungan dan selalu waspada.

 

Foto – Inovasi UNISM melalui keilmuan Jurusan Farmasi berupa hand sanitizier dan larutan desinfektan

 

Narasumber: Ika Friscila

NISM: Ika, Zeti, Risty, Haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *