Mahasiswa UNISM Dibekali Kemampuan Berbahasa Arab Untuk Menghadapi Tantangan Globalisasi

Mahasiswa UNISM Dibekali Kemampuan Berbahasa Arab Untuk Menghadapi Tantangan Globalisasi

Universitas Sari Mulia – Kamis, 20 Februari 2020

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang ditetapkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) sebagai Bahasa Internasional yang dituturkan oleh lebih dari 200 juta jiwa dan digunakan secara resmi di lebih dari 20 negara. Oleh karena itu, potensi pengembangan dan pemanfaatan bahasa Arab dalam berbagai bidang kehidupan sangatlah besar seperti dalam bidang sosial, ekonomi, bisnis, pariwisata, politik, budaya, pendidikan, sains dan teknologi, terutama di kawasan Timur Tengah seperti di Arab Saudi, Mesir, Sudan, Emirat Arab dan Qatar.

Bahasa Arab di Universitas Sari Mulia diajarkan kepada mahasiswa untuk menambah kemampuan serta bisa untuk mengisi daftar keaktifan mahasiswaa saat perkuliahan dibuktikan dengan Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI). Saat ini ketika mahasiswa lulus tidak cukup hanya dibekali Ijasah untuk terjun ke dunia kerja, mereka juga perlu dibekali softskill dan salah satunya dengan membekali mereka kemampuan berbahasa yang dibuktikan dengan adanya sertifikat kemampuan berbahasa yang bisa dipergunakan untuk mendaftar kerja dan sebagainya.

Dalam hal perkembangan situasi ekonomi global dimana keterbukaan akses yang sangat luas, bahasa arab mengambil tempat dan peran yang sangat penting. Itu ditunjukkan dengan semakin pentingnya kawasan Timur Tengah yang notabene mayoritas masyarakatnya menggunakan bahasa Arab. Kawasan Timur Tengah sangat memerlukan tenaga ahli dari berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, sains dan teknologi. Oleh karena itu, Universitas Sari Mulia berpikir maju ke depan dan mengambil sikap bahwa mahasiswa sangat membutuhkan penguasaan bahasa Arab sebagai pintu masuk kerja sama untuk menjalankan kerja sama yang produktif. Namun untuk saat ini harus diakui bahwa masih sedikit jumlah mahasiswa yang menguasai bahasa Arab. Padahal kebutuhan akan tenaga ahli di bidang kesehatan, pendidikan sains dan teknologi kini begitu tinggi. Hal tersebutlah yang melandasi alasan mahasiswa di Universitas Sari Mulia perlu dibekali kemampuan berbahasa arab di era globalisasi saat ini.

Pelaksanaan kegiatan kelas bahasa Arab UNISM diajar oleh Bapak Buhari Muslim, M.Pd. Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap minggu yang dilakukan pada hari Rabu di Kampus Universitas Sari Mulia.

Penulis : Buhari Muslim