Jurusan Akuntansi menyelenggarakan Pelatihan Tata Kelola Keuangan, Cerdas Menabung Untuk Masa Depan

Jurusan Akuntansi menyelenggarakan Pelatihan Tata Kelola Keuangan, Cerdas Menabung Untuk Masa Depan

Banjarmasin, Sabtu 18 Januari 2020 – Jurusan Akuntansi Universitas Sari Mulia telah menyelenggarakan pelatihan tata kelola keuangan, cerdas menabung untuk masa depan yang merupakan bentuk pengabdian masyarakat (18/01/2020) bertempat di Sekolah Bawang Filalyiah (kelas khusus Pasar Lima Banjarmasin). Kegiatan yang berlangsung dari pukul 8.30 WITA ini di ikuti oleh siswa siswi sekolah Bawang Pasar Lima yang berasal dari anak terlantar dan gelandangan, serta anak-anak kawasan Pasar Bawang, Pasar Lima Banjarmasin.

 

 

 

 

 

 

 

Dalam pelatihan tersebut, dosen dan mahasiswa memberikan pelatihan tentang “bagaimana mengatur uang yang didapat setiap hari dengan menghitungnya kemudian menggunakannya untuk jajan dan untuk ditabung”. Dalam pelatihan sederhana ini, peserta di ajak untuk menghitung uang pecahan yang ada dalam kotak dengan berbagai nominal uang, kemudian menghitungnya dengan mengelompokkan berdasarkan nominal uang dan menjumlah keseluruhan. Selanjutnya peserta mengelompokkan uang yang akan dipakai buat jajan dan keperluan lainnya sesuai keinginan mereka, dan sisa uangnya dimasukkan kedalam celengan. Sebagai tambahan, peserta juga diberikan edukasi pemahaman tentang sejarah uang, bagaimana perkembangannya, uang asli dan uang palsu, serta bagaimana memperlakukan uang ketika meletakkan di dalam dompet dan tas. Uang tersebut tidak boleh di remas karna akan mengurangi nilai uang, seperti cepat rusak, kotor, robek, kucel, pudar, lecet dan sebagainya.

Pada kesempatan ini, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, jurusan akuntansi juga memberikan celengan gratis kepada seluruh peserta. Sebagai bentuk kepedulian kepada siswa-siswi Sekolah Kelas khusus, Pasar Lima Banjarmasin, jurusan akuntansi Universitas Sari Mulia juga memberikan paket alat tulis yang diserahkan secara langsung oleh ketua jurusan Akuntansi, Bapak Yusri, SE., MM kepada pihak sekolah, yang diwakili oleh guru.

Sekolah Bawang Filaliyah ini berada di kawasan lantai 2 Pasar Bawang, Pasar Lima Banjarmasin, berdiri semenjak tahun 1988, diresmikan oleh Walikota Banjarmasin, Bapak Effendy Ritonga. Tahun 2004, SMP diresmikan oleh walikota Banjarmasin, Bapak Drs.H.Yudi Wahyuni, dengan menampung siswa dari anak terlantar, jalanan dan gelandangan. Siswa yang belajar disini, tidak dibatasi oleh usia. Hal terpenting yang diajarkan adalah menulis, membaca dan menghitung.

Demi menambah semarak dari antusias peserta juga diberika game menarik seputar keuangan. Penyelenggaraan Pengabdian kepada Masyarakat Jurusan Akuntansi ini dilaksanakan dengan sumber pembiayaan secara mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *