LPPM dan Program Studi Diploma Tiga Kebidanan UNISM Selenggarakan Pengabdian Masyarakat

UNISM– Tridarma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepadaMasyarakat, LPPM UNISM Bekerjasama dengan Program Studi Diploma Tiga Kebidanan menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di daerah Kecamatan Sungai Lulut RT.02 Kabupaten Banjar.

Adapun tema dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu” Gerakan Masyarakat Peduli Pada Demam Berdarah” tema ini diangkat dalam upaya memberikan gambaran dan pengetahuan kepada masyarakat setempat tentang kepedulian terhadap demam berdarah yang dapat mengakibatkan kematian.

Demam Berdarah adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Namun lebanyakan orang masih sering rancu dengan istilah demam dengue (DD) dan demam berdarah dengue (DBD).

Kedua jenis demam ini sama-sama disebabkan virus dengue, yang membedakannya adalah ada tidaknya kebocoran plasma. Demam dengue menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Sedangkan demam berdarah dengue (DBD) dapat menyebabkan kebocoran plasma yang mengakibatkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah tiba-tiba (syok), hingga bahkan kematian.

Peningkatan kasus DBD di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh mobilitas penduduk yang tinggi, perkembangan wilayah perkotaan, perubahan iklim, dan yang terpenting rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *