Paparan Implementasi Mahasiswa Peduli Stunting Universitas Sari Mulia

Paparan Implementasi Mahasiswa Peduli Stunting Universitas Sari Mulia

[Banjarmasin, 26 Oktober 2023] – Universitas Sari Mulia gelar paparan analisis dan rencana implementasi program KKN-Tematik Mahasiswa Peduli Stunting (Mahasiswa Penting) yang berkolaborasi dengan BKKBN Kalimantan Selatan. Program yang masuk dalam kegiatan intrakulikuler dan memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini menggunakan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada para mahasiswa dalam memberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, program ini diarahkan untuk terintegrasi antara dunia akademik teoritik dan dunia emperik praktis.

Sebanyak 30 mahasiswa dari 12 program studi telah melakukan kerja lapangan dengan pembekalan yang cukup untuk mengimplementasikan program dalam menekan angka stunting di Banjarmasin. Mengikuti periode yang telah ditentukan para mahasiswa melakukan sosialisasi dan riset penelitian program di 5 kecamatan dan beberapa titik kelurahan yang ada di Banjarmasin. Sehingga hasil yang telah dianalisis tersebut dipaparkan langsung di hadapan Rektor Universitas Sari Mulia, pihak BKKBN, kecamatan serta kelurahan terkait, dan Dinas Kesehatan kota Banjarmasin.

Dr. Hj. RR Dwi Sogi Sri Redjeki S,KG., M.Pd selaku Rektor Universitas Sari Mulia menyampaikan bahwa KKN merupakan program yang selalu diterapkan untuk mengimplementasikan pembekalan yang telah didapatkan saat di kelas, harapannya dengan program yang dijalankan ini dapat menurunkan angka stunting di Banjarmasin. Selaras dengan Rektor Universitas Sari Mulia, bapak Sopyan, S.Sos selaku Ketua Pokja Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Kalimantan Selatan menuturkan bahwa program KKN-Tematik yang merupakan bagian dari program MBKM ini dapat menjadi perpanjangan tangan bagi program BKKBN untuk berkolaborasi dan memberikan sosialisasi program penurunan prevelensi stunting yang ada di Banjarmasin.