Universitas Sari Mulia dikunjungi The Japan Foundation

Universitas Sari Mulia dikunjungi The Japan Foundation

Banjarmasin, 1 Juli 2022 – Universitas Sari Mulia menerima kunjungan langsung dari The Japan Foundation. Lembaga nirlaba milik pemerintah Jepang ini khusus didedikasikan untuk menangani pertukaran budaya internasional yang bertujuan untuk memperdalam rasa saling pengertian di antara masyarakat Jepang dan negara-negara lain. Pusat The Japan Foundation berada di Tokyo dan memiliki 24 kantor cabang di seluruh dunia, salah satunya adalah Indonesia yang kantornya berada di Jakarta.

The Japan Foundation cabang Jakarta telah banyak berkontribusi dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Jepang di Universitas Sari Mulia sejak tahun 2020. Kontribusi yang dilakukan seperti pemberian buku/bahan ajar, pelatihan pengajar bahasa Jepang secara online dan offline di Saitama, Jepang. Karena kondisi pandemi Covid-19 saat ini telah terkendali, maka Tim Bahasa The Japan Foundation Jakarta memutuskan untuk berkunjung ke Universitas Sari Mulia pada tanggal 22-23 Juni 2022.

Kunjungan The Japan Foundation Jepang diwakili  Tajima Sensei, Nagai Sensei, dan Rezki Sensei yang merupakan wakil dari The Japan Foundation cabang Jakarta. Pelaksanaan yang diselenggarakan selama 2 hari tersebut memiliki agenda : (1) bertemu Rektorat Universitas Sari Mulia untuk membicarakan perihal keberlanjutan kerja sama dalam pembelajaran bahasa dan potensi Universitas Sari Mulia untuk mengirimkan alumni bekerja di Jepang. (2) Tajima Sensei, Nagai Sensei dan Rezki Sensei melihat langsung proses pembelajaran Bahasa Jepang di kelas Hairi Sensei. (3) Merupakan acara inti dari kunjungan ini yaitu pemberian materi Bahasa dan Budaya Jepang kepada mahasiswa Universitas Sari Mulia tingkat 1.

Dengan adanya kunjungan langsung dari Tim The Japan Foundation ini, diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk mempelajari bahasa Jepang sebagai penunjang apabila ingin bekerja di Jepang suatu waktu nanti. Universitas Sari Mulia juga berharap untuk terus dapat merealisasikan program kerja sama dengan The Japan Foundation dalam berbagai bidang lainnya.